Jangan sia-siakan kesempatan SEMOGA SUKSES!
peluang usaha

Kamis, 12 April 2012

Alasan Kebanyakan Pebisnis Online Kembang Kempis

Saya baru kembali dari sebuah konferensi Internet marketing. Senang sekali bertemu semua wajah yang akrab, para klien yang sekarang dan berkesempatan mendapat kawan-kawan baru. Tetapi tiap kali saya pergi ke suatu acara Internet marketing saya tersentak oleh betapa hampir tiap orang yang hadir menjalankan atau memulai bisnis mereka secara salah.
Kurangnya ilmu pembangunan-bisnis mendasar adalah sebab utama dari begitu banyak perjuangan dan pemborosan waktu; ini menyedihkan. Ialah sebab mengapa kebanyakan orang yang baru di Internet akan gagal dalam mencapai impian-impian mereka sekalipun mereka membeli banyak produk, mempelajarinya dengan tekun dan bekerja luar biasa keras.
Saya akan bahas masalah-masalah yang saya lihat, karena saya tahu dari pengalaman silam bahwa sudut pandang unik saya bisa benar-benar membuat perbedaan besar dalam bisnis anda, sebagaimana telah berlaku bagi banyak klien saya. Saya tak bisa lagi diam dan membiarkan begitu banyak impian gugur sepanjang jalan akibat kesalahpahaman tentang cara bisnis-bisnis yang sukses dibangun.
Manifesto ini memaparkan soal-soal ini, satu per satu, dan anda akan mendapat kejelasan tentang hubungan anda dengan bisnis anda (dan cara menumbuhkannya) yang belum pernah anda dapatkan.
Sebagai awal, saya akan menunjukkan pada anda cara para klien saya mencapai kenaikan rata-rata 1,5 juta dollar dalam bisnis mereka, dan saya akan menunjukkan ke anda sebagian konsep pasti yang menyebabkan pertumbuhan ini.
Tapi pertama, ayo kita pandang sampai di mana Internet hari ini dan membandingkannya dengan bisnis tradisional…

Meletakkan Internet Ke Dalam Perspektif

Sebelum kita masuki strategi-strategi pertumbuhan, kita perlu mundur dan meletakkan sebuah bisnis Internet ke dalam perspektif. Anda perlu melihat bagaimana ia masuk ke dalam dunia lebih besar dari "bisnis." Memandang cara bisnis tradisional berkembang akan memberi anda gagasan sampai di mana pemasaran Internet kini berada, dan bagaimana ia sedang berubah. Memahami keadaan saat ini (kematangan) dari bisnis online penting bagi sukses jangka panjang anda.
Kini pertama-tama, Internet sedang panas lagi. Malah, tadi pagi saja saya menonton sebuah acara politik yang menjelaskan akan betapa pentingnya Internet bagi pemilihan presiden 2008.
Ini berarti bahwa lebih banyak bisnis akan jadi jauh lebih serius tentang Internet. Minggu lalu saya luangkan beberapa hari dengan Agora Publishing (raksasa pemasaran-informasi 250-juta-dollar-setahun itu) merencanakan sebuah proyek baru yang sebentar lagi akan saya ceritakan pada anda dalam Manifesto ini. Saat saya berjalan memasuki kantor mereka, saya diajak untuk duduk dalam suatu rapat yang sudah berjalan. Rapatnya menyaksikan lima orang top mereka mengatur rencana serangan pemasaran mereka untuk dua minggu ke depan dalam suatu niche (ceruk) yang sangat bersaing. Rencananya simpel tapi ampuh; ia memainkan kekuatan-kekuatan mereka, dan akan mungkin membuat gulung tikar beberapa pemain lebih kecil yang saat ini memasar dalam niche itu. Saya lega bahwa saya saat itu tidak beroperasi dalam segmen satu itu.
Semua ini mengingatkan saya pada sebuah slide yang telah saya gunakan dalam sejumlah presentasi yang telah saya lakukan setahun terakhir.
Kalau anda pernah lihat saya berbicara, mungkin anda mengingatnya?
Waktu saya menayangkan slide ini di layar, saya katakan pada orang-orang bahwa jika mereka belum membangun sebuah bisnis sungguhan seputar apa yang mereka saat ini kerjakan, mereka harus sangat mempertimbangkan menciptakannya hari ini, SEGERA!
Alasannya adalah bahwa bisnis besar selalu "memukul" dan mencuri uang dari para pemain independen kecil. Dan kalau anda tahu apa pun tentang bisnis atau telah menyaksikan kelahiran atau pertumbuhan segala industri, anda sudah lihat polanya bermain berulang-ulang.
Pengalaman saya sendiri menegaskan efek bisnis besar ini juga. Selama 4 tahun saya dalam bisnis busana, membawa sebuah bisnis 1,5 juta dollar setahun ke lebih 6,5 juta dollar setahun, saya lihat sendiri cara bisnis besar meng-KO para pelaku lebih kecil. Toko saya berada di Broadway di Manhattan bawah. Saat itu jalan penuh pengecer lepas dengan toko-toko unik mereka. Empat tahun kemudian uang sewa telah melambung tinggi yang memaksa para pemain kecil gulung tikar dan invasi toko-toko mal kelas kakap berdampak penuh.
Ketika saya memasuki pasar hipnosis, saya bangun bisnis saya menjadi yang terbesar yang pernah ada dan dengan mudah membuat gulung tikar ratusan hipnotis lepas yang lebih kecil. Kami mengeluarkan sekitar 3 juta dollar setahun untuk iklan dan para pesaing kecil-kecilan saya nyaris tak mampu mengeluarkan beberapa ribu. Sekali lagi bisnis-bisnis besar mengalahkan orang kecil.
Kawan baik saya, John Carlton, menceritakan ke saya masa awalnya dalam bisnis infomercial dan bagaimana mereka mau mengambil gambar iklan selama siang hari (gaya video gerilya) dan menayangkannya malamnya secara gratis. Jika itu laku, mereka akan terus memasangnya, kalau tidak mereka akan mengambil gambar video baru besoknya.
Hari ini seandainya anda ingin bersaing dalam bisnis infomercial, anda lebih baik naik ke pentas dengan jutaan dollar dan rela kehilangan semuanya. Anda ingin tahu kenapa? Karena industrinya matang dan para pengusaha awal yang memasuki bisnis infomercial sebagai suatu bisnis, sukses dan terus tumbuh sampai mereka benar-benar mengubah industri itu. Perusaaan-perusahaan seperti Guthy-Renker, yang dulu produsen kaset-audio, menjadi sebuah perusahaan $750.000.000 setahun karena memperlakukan peluang infomercial sebagai sebuah bisnis.

Waktu Menipis, Tapi Anda Masih Bisa Membangun Sebuah Bisnis Online Yang Sangat Sukses

Alasan saya menyebutkan semua ini adalah bahwa ketika John Carlton menceritakan pada saya masa awal bisnis infomercial, dia bisa saja sama mudahnya telah berbicara tentang keadaan saat ini dari pemasaran Internet.
Temukan sebuah niche, pasang sebuah halaman, dapatkan sejumlah traffic pay-per-click, dan kalau itu manjur teruslah mengembangkannya, kalau tidak, temukan niche lain. Terdengar akrab, kan?
Dengar, lebih banyak perusahaan offline yang sukses meng-online setiap hari. Praktis setiap minggu, kantor saya menerima beberapa telepon dari bisnis yang sukses offline yang ingin membawa pemasaran niche mereka online. Ada juga perusahaan-perusahaan direct response sangat sukses yang sudah beralih ke dunia online (seperti Agora) yang terus-menerus mencari ceruk-ceruk baru tempat mereka bisa mengarahkan sumberdaya bakat mereka yang dalam.
Dan jika itu tidak cukup, ada juga orang-orang yang sebenarnya konsumen dalam ceruk yang sedang memandang lingkungan online mengira mereka bisa membangun bisnis impian mereka seputar kecintaan mereka. Oh ya, jangan lupa ada juga banyak pemasar Internet lain yang sedang mencari ceruk-ceruk panas. Ini berarti ada banyak orang yang mencoba mengambil uang anda!
Tapi sebelum saya melangkah lebih jauh, saya ingin berbagi apa yang pernah diberikan seorang pakar pencegahan pengutilan (shoplifting) kepada saya waktu saya dalam bisnis pakaian. Dia bilang bahwa sensor-sensor pada pakaian dan para penjaga yang berseliweran di toko itu sebenarnya bukanlah untuk menangkap para pengutil. Tujuannya adalah membuat toko anda kurang menarik daripada toko-toko lain untuk dikutili. Dengan kata lain, anda ingin memiliki lebih banyak pengamanan daripada orang-orang lain di sekitar anda, sehingga para calon pengutil akan pergi ke tempat di mana paling gampang mengutil.
Pada akhirnya anda ingin ciptakan efek yang sama dalam ceruk di mana anda bekerja. Anda harus bangun sebuah bisnis yang begitu manjur, di mana anda punya cukup produk sehingga membuat persaingan dengan anda tak menguntungkan. Para pesaing canggih akan paham bahwa anda bisa mengambil produk-produk front-end (garis-depan) anda dan memberikannya gratis, atau dengan komisi affiliate 100%, dan itu tak akan mempengaruhi income anda karena anda masih akan punya back-end, cross-sell dan upsell.
Dan kabar baiknya adalah bahwa anda masih punya waktu. Internet masih agak seperti the Wild West, dan anda masih bisa merebut ceruk anda dan membangun sebuah bisnis riil di dalamnya, tapi saya pastikan peluangnya tak akan berlangsung selamanya.
Kini mari kita lihat beberapa kendala yang saat ini menghalangi anda…

Kendala-Kendala Mencapai Sukses Bisnis Besar

Karena kini anda tahu bagaimana Internet berkembang, dan bahwa anda harus fokus membangun sebuah bisnis riil, ayo kita pandang kendala-kendala yang mungkin anda hadapi dalam sesungguhnya menciptakan sebuah bisnis riil yang punya daya tahan.
Dengan memaparkan dan menyingkirkan masalah-masalah ini, anda akan bisa menumbuhkan bisnis anda lebih cepat (dan lebih mudah) daripada yang anda pernah kira mungkin. Inilah konsep-konsep sama yang dipahami dan dijalankan para pembangun bisnis ultra-kaya.
Format bagian ini akan serupa dengan diagnosis medis. Anda akan melihat masalahnya, gejala-gejala, sebabnya dan selayang pandang solusinya.
Mari kita pandang satu masalah mendasar yang dialami kebanyakan pemasar Internet.
Gejala: Membeli segala yang tampak seperti akan menghasilkan anda uang, tak mendapatkan hasil-hasil.
Sebab: Pemikiran oportunis
Masalah Bisnis Internet: Ketiadaan Strategi
Kendala pertama sekali yang perlu kita pandang adalah anda dan pemikiran anda.
Yang saya lihat adalah bahwa ada dua cara berpikir yang secara diametris berlawanan saat menyangkut membangun sebuah bisnis dan menghasilkan uang online. Ada pemikiran oportunis dan pemikiran strategis.
Ini aturannya, para pencari peluang berpikir oportunis dan para entrepreneur berpikir strategis.
Pencari peluang selalu mencari peluang besar mereka untuk menghasilkan banyak uang dari peluang hot saat itu. Kriteria mereka satu-satunya adalah, "Bisakah saya hasilkan uang dari ini?" Jadi, hari ini AdSense, besok lain lagi, dan kemarin adalah suatu konsep hot lain yang sudah dilupakan. Para pencari peluang membeli banyak produk, dan mereka memakai hanya beberapa darinya, dan produk-produk yang memang mereka pakai ditinggalkan ketika cara "gampang" berikutnya untuk menghasilkan uang muncul. Pertanyaan yang mereka ajukan ke diri mereka adalah, "Apa cara termudah bagi saya untuk menghasilkan uang saat ini?"
Seorang entrepreneur sejati, di sisi lain, adalah makhluk yang sama sekali berbeda. Entrepreneur punya suatu visi jelas tentang menjadi apa mereka inginkan bisnisnya. Karena mereka punya visi, mereka bisa menganalisis kekuatan-kekuatan mereka sendiri, kekuatan-kekuatan pesaing mereka, kesukaan-kesukaan pasar dan menciptakan strategi-strategi berbeda untuk mencapai visi mereka. Setelah meninjau pro dan kontra dari setiap alternatif strategi, mereka memilih satu strategi yang paling pasti sukses mencapai visi mereka. Si entrepreneur tahu bahwa peluang terbesar mereka selalu di dalam bisnis mereka, mengikuti strategi ideal mereka dan bukan produk hot yang di-emailkan semua orang untuk minggu ini.
Dan inilah sedikit informasi yang akan dibenarkan oleh segala pemasar langsung kawakan. Sekitar 100 kali lebih gampang menjual ke seorang pencari peluang daripada ke seorang entrepreneur. Kenapa? Karena si pencari peluang tak punya kriteria—kalau anda bisa meyakinkannya bahwa dia bisa menghasilkan uang dengannya, anda telah membuat penjualan anda.
Entrepreneur, di sisi lain, harus membandingkan apa yang anda tawarkan dengan rencana-rencana mereka saat ini—akankah itu menjadikan mereka lebih mudah mencapai visi mereka? Apakah ini hal yang masuk ke dalam ancangan mereka saat ini dan kalau ya, apakah ia lebih unggul daripada apa yang mereka saat ini sedang lakukan?
Dan inilah faktanya, kebanyakan pemasar Internet tak lebih daripada pencari peluang digital. Mereka tak punya strategi, mereka loncat dari satu pendekatan ke lainnya, dan meski mereka mungkin punya suatu target penghasilan, mereka tak punya visi dari bisnis yang mereka akan perlu ciptakan untuk mencapainya. Dan karena mereka tak punya visi jelas, mereka tak bisa mengikuti semacam rencana terinci untuk mencapainya.
Jadi, mereka akhirnya membeli apa pun yang datang dengan sebuah janji besar uang gampang dengan harapan bahwa ini pastilah itu—inilah peluang besar mereka untuk sukses besar. Mereka sangat menyukai (dan menjadi korban dari) produk-produk "Business in a box" di mana janji-janjinya adalah imbalan besar dengan sedikit sampai tanpa usaha.
Saya telah yakinkan anda bahwa anda perlu menjadi entrepreneur dan membangun sebuah bisnis.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar