Alasan Kebanyakan Pebisnis Online Kembang Kempis
Saya
baru kembali dari sebuah konferensi Internet marketing. Senang sekali
bertemu semua wajah yang akrab, para klien yang sekarang dan
berkesempatan mendapat kawan-kawan baru. Tetapi tiap kali saya pergi ke
suatu acara Internet marketing saya tersentak oleh betapa hampir tiap
orang yang hadir menjalankan atau memulai bisnis mereka secara salah.
Kurangnya ilmu pembangunan-bisnis mendasar adalah
sebab utama dari begitu banyak perjuangan dan pemborosan waktu; ini
menyedihkan. Ialah sebab mengapa kebanyakan orang yang baru di Internet
akan gagal dalam mencapai impian-impian mereka sekalipun mereka membeli
banyak produk, mempelajarinya dengan tekun dan bekerja luar biasa keras.
Saya akan bahas masalah-masalah yang saya lihat,
karena saya tahu dari pengalaman silam bahwa sudut pandang unik saya
bisa benar-benar membuat perbedaan besar dalam bisnis anda, sebagaimana
telah berlaku bagi banyak klien saya. Saya tak bisa lagi diam dan
membiarkan begitu banyak impian gugur sepanjang jalan akibat
kesalahpahaman tentang cara bisnis-bisnis yang sukses dibangun.
Manifesto ini memaparkan soal-soal ini, satu per
satu, dan anda akan mendapat kejelasan tentang hubungan anda dengan
bisnis anda (dan cara menumbuhkannya) yang belum pernah anda dapatkan.
Sebagai awal, saya akan menunjukkan pada anda cara
para klien saya mencapai kenaikan rata-rata 1,5 juta dollar dalam bisnis
mereka, dan saya akan menunjukkan ke anda sebagian konsep pasti yang
menyebabkan pertumbuhan ini.
Tapi pertama, ayo kita pandang sampai di mana Internet hari ini dan membandingkannya dengan bisnis tradisional…
Meletakkan Internet Ke Dalam Perspektif
Sebelum kita masuki strategi-strategi pertumbuhan, kita
perlu mundur dan meletakkan sebuah bisnis Internet ke dalam perspektif.
Anda perlu melihat bagaimana ia masuk ke dalam dunia lebih besar dari
"bisnis." Memandang cara bisnis tradisional berkembang akan memberi anda
gagasan sampai di mana pemasaran Internet kini berada, dan bagaimana ia
sedang berubah. Memahami keadaan saat ini (kematangan) dari bisnis
online penting bagi sukses jangka panjang anda.
Kini pertama-tama, Internet sedang panas lagi.
Malah, tadi pagi saja saya menonton sebuah acara politik yang
menjelaskan akan betapa pentingnya Internet bagi pemilihan presiden
2008.
Ini berarti bahwa lebih banyak bisnis akan jadi jauh
lebih serius tentang Internet. Minggu lalu saya luangkan beberapa hari
dengan Agora Publishing (raksasa pemasaran-informasi
250-juta-dollar-setahun itu) merencanakan sebuah proyek baru yang
sebentar lagi akan saya ceritakan pada anda dalam Manifesto ini. Saat
saya berjalan memasuki kantor mereka, saya diajak untuk duduk dalam
suatu rapat yang sudah berjalan. Rapatnya menyaksikan lima orang top
mereka mengatur rencana serangan pemasaran mereka untuk dua minggu ke
depan dalam suatu niche (ceruk) yang sangat bersaing. Rencananya simpel
tapi ampuh; ia memainkan kekuatan-kekuatan mereka, dan akan mungkin
membuat gulung tikar beberapa pemain lebih kecil yang saat ini memasar
dalam niche itu. Saya lega bahwa saya saat itu tidak beroperasi dalam
segmen satu itu.
Semua ini mengingatkan saya pada sebuah slide yang
telah saya gunakan dalam sejumlah presentasi yang telah saya lakukan
setahun terakhir.
Kalau anda pernah lihat saya berbicara, mungkin anda mengingatnya?
Waktu saya menayangkan slide ini di layar, saya
katakan pada orang-orang bahwa jika mereka belum membangun sebuah bisnis
sungguhan seputar apa yang mereka saat ini kerjakan, mereka harus
sangat mempertimbangkan menciptakannya hari ini, SEGERA!
Alasannya adalah bahwa bisnis besar selalu "memukul"
dan mencuri uang dari para pemain independen kecil. Dan kalau anda tahu
apa pun tentang bisnis atau telah menyaksikan kelahiran atau
pertumbuhan segala industri, anda sudah lihat polanya bermain
berulang-ulang.
Pengalaman saya sendiri menegaskan efek bisnis besar
ini juga. Selama 4 tahun saya dalam bisnis busana, membawa sebuah
bisnis 1,5 juta dollar setahun ke lebih 6,5 juta dollar setahun, saya
lihat sendiri cara bisnis besar meng-KO para pelaku lebih kecil. Toko
saya berada di Broadway di Manhattan bawah. Saat itu jalan penuh
pengecer lepas dengan toko-toko unik mereka. Empat tahun kemudian uang
sewa telah melambung tinggi yang memaksa para pemain kecil gulung tikar
dan invasi toko-toko mal kelas kakap berdampak penuh.
Ketika saya memasuki pasar hipnosis, saya bangun
bisnis saya menjadi yang terbesar yang pernah ada dan dengan mudah
membuat gulung tikar ratusan hipnotis lepas yang lebih kecil. Kami
mengeluarkan sekitar 3 juta dollar setahun untuk iklan dan para pesaing
kecil-kecilan saya nyaris tak mampu mengeluarkan beberapa ribu. Sekali
lagi bisnis-bisnis besar mengalahkan orang kecil.
Kawan baik saya, John Carlton, menceritakan ke saya
masa awalnya dalam bisnis infomercial dan bagaimana mereka mau mengambil
gambar iklan selama siang hari (gaya video gerilya) dan menayangkannya
malamnya secara gratis. Jika itu laku, mereka akan terus memasangnya,
kalau tidak mereka akan mengambil gambar video baru besoknya.
Hari ini seandainya anda ingin bersaing dalam bisnis
infomercial, anda lebih baik naik ke pentas dengan jutaan dollar dan
rela kehilangan semuanya. Anda ingin tahu kenapa? Karena industrinya
matang dan para pengusaha awal yang memasuki bisnis infomercial sebagai
suatu bisnis, sukses dan terus tumbuh sampai mereka benar-benar mengubah
industri itu. Perusaaan-perusahaan seperti Guthy-Renker, yang dulu
produsen kaset-audio, menjadi sebuah perusahaan $750.000.000 setahun
karena memperlakukan peluang infomercial sebagai sebuah bisnis.
Waktu Menipis, Tapi Anda Masih Bisa Membangun Sebuah Bisnis Online Yang Sangat Sukses
Alasan saya menyebutkan semua ini adalah bahwa ketika
John Carlton menceritakan pada saya masa awal bisnis infomercial, dia
bisa saja sama mudahnya telah berbicara tentang keadaan saat ini dari
pemasaran Internet.
Temukan sebuah niche, pasang sebuah halaman,
dapatkan sejumlah traffic pay-per-click, dan kalau itu manjur teruslah
mengembangkannya, kalau tidak, temukan niche lain. Terdengar akrab, kan?
Dengar, lebih banyak perusahaan offline yang sukses
meng-online setiap hari. Praktis setiap minggu, kantor saya menerima
beberapa telepon dari bisnis yang sukses offline yang ingin membawa
pemasaran niche mereka online. Ada juga perusahaan-perusahaan direct
response sangat sukses yang sudah beralih ke dunia online (seperti
Agora) yang terus-menerus mencari ceruk-ceruk baru tempat mereka bisa
mengarahkan sumberdaya bakat mereka yang dalam.
Dan jika itu tidak cukup, ada juga orang-orang yang
sebenarnya konsumen dalam ceruk yang sedang memandang lingkungan online
mengira mereka bisa membangun bisnis impian mereka seputar kecintaan
mereka. Oh ya, jangan lupa ada juga banyak pemasar Internet lain yang
sedang mencari ceruk-ceruk panas. Ini berarti ada banyak orang yang
mencoba mengambil uang anda!
Tapi sebelum saya melangkah lebih jauh, saya ingin berbagi apa yang pernah diberikan seorang pakar pencegahan pengutilan (shoplifting)
kepada saya waktu saya dalam bisnis pakaian. Dia bilang bahwa
sensor-sensor pada pakaian dan para penjaga yang berseliweran di toko
itu sebenarnya bukanlah untuk menangkap para pengutil. Tujuannya adalah
membuat toko anda kurang menarik daripada toko-toko lain untuk dikutili.
Dengan kata lain, anda ingin memiliki lebih banyak pengamanan daripada
orang-orang lain di sekitar anda, sehingga para calon pengutil akan
pergi ke tempat di mana paling gampang mengutil.
Pada akhirnya anda ingin ciptakan efek yang sama
dalam ceruk di mana anda bekerja. Anda harus bangun sebuah bisnis yang
begitu manjur, di mana anda punya cukup produk sehingga membuat
persaingan dengan anda tak menguntungkan. Para pesaing canggih akan
paham bahwa anda bisa mengambil produk-produk front-end
(garis-depan) anda dan memberikannya gratis, atau dengan komisi
affiliate 100%, dan itu tak akan mempengaruhi income anda karena anda
masih akan punya back-end, cross-sell dan upsell.
Dan kabar baiknya adalah bahwa anda masih punya
waktu. Internet masih agak seperti the Wild West, dan anda masih bisa
merebut ceruk anda dan membangun sebuah bisnis riil di dalamnya, tapi
saya pastikan peluangnya tak akan berlangsung selamanya.
Kini mari kita lihat beberapa kendala yang saat ini menghalangi anda…
Kendala-Kendala Mencapai Sukses Bisnis Besar
Karena kini anda tahu bagaimana Internet berkembang, dan
bahwa anda harus fokus membangun sebuah bisnis riil, ayo kita pandang
kendala-kendala yang mungkin anda hadapi dalam sesungguhnya menciptakan
sebuah bisnis riil yang punya daya tahan.
Dengan memaparkan dan menyingkirkan masalah-masalah
ini, anda akan bisa menumbuhkan bisnis anda lebih cepat (dan lebih
mudah) daripada yang anda pernah kira mungkin. Inilah konsep-konsep sama
yang dipahami dan dijalankan para pembangun bisnis ultra-kaya.
Format bagian ini akan serupa dengan diagnosis
medis. Anda akan melihat masalahnya, gejala-gejala, sebabnya dan
selayang pandang solusinya.
Mari kita pandang satu masalah mendasar yang dialami kebanyakan pemasar Internet.
Gejala: Membeli segala yang tampak seperti akan menghasilkan anda uang, tak mendapatkan hasil-hasil.
Sebab: Pemikiran oportunis
Masalah Bisnis Internet: Ketiadaan Strategi
Sebab: Pemikiran oportunis
Masalah Bisnis Internet: Ketiadaan Strategi
Kendala pertama sekali yang perlu kita pandang adalah anda dan pemikiran anda.
Yang saya lihat adalah bahwa ada dua cara berpikir
yang secara diametris berlawanan saat menyangkut membangun sebuah bisnis
dan menghasilkan uang online. Ada pemikiran oportunis dan pemikiran
strategis.
Ini aturannya, para pencari peluang berpikir oportunis dan para entrepreneur berpikir strategis.
Pencari peluang selalu mencari peluang besar mereka
untuk menghasilkan banyak uang dari peluang hot saat itu. Kriteria
mereka satu-satunya adalah, "Bisakah saya hasilkan uang dari ini?"
Jadi, hari ini AdSense, besok lain lagi, dan kemarin adalah suatu
konsep hot lain yang sudah dilupakan. Para pencari peluang membeli
banyak produk, dan mereka memakai hanya beberapa darinya, dan
produk-produk yang memang mereka pakai ditinggalkan ketika cara
"gampang" berikutnya untuk menghasilkan uang muncul. Pertanyaan yang
mereka ajukan ke diri mereka adalah, "Apa cara termudah bagi saya untuk menghasilkan uang saat ini?"
Seorang entrepreneur sejati, di sisi lain, adalah
makhluk yang sama sekali berbeda. Entrepreneur punya suatu visi jelas
tentang menjadi apa mereka inginkan bisnisnya. Karena mereka punya visi,
mereka bisa menganalisis kekuatan-kekuatan mereka sendiri,
kekuatan-kekuatan pesaing mereka, kesukaan-kesukaan pasar dan
menciptakan strategi-strategi berbeda untuk mencapai visi mereka.
Setelah meninjau pro dan kontra dari setiap alternatif strategi, mereka
memilih satu strategi yang paling pasti sukses mencapai visi mereka. Si
entrepreneur tahu bahwa peluang terbesar mereka selalu di dalam bisnis
mereka, mengikuti strategi ideal mereka dan bukan produk hot yang
di-emailkan semua orang untuk minggu ini.
Dan inilah sedikit informasi yang akan dibenarkan
oleh segala pemasar langsung kawakan. Sekitar 100 kali lebih gampang
menjual ke seorang pencari peluang daripada ke seorang entrepreneur.
Kenapa? Karena si pencari peluang tak punya kriteria—kalau anda bisa
meyakinkannya bahwa dia bisa menghasilkan uang dengannya, anda telah
membuat penjualan anda.
Entrepreneur, di sisi lain, harus membandingkan apa
yang anda tawarkan dengan rencana-rencana mereka saat ini—akankah itu
menjadikan mereka lebih mudah mencapai visi mereka? Apakah ini hal yang
masuk ke dalam ancangan mereka saat ini dan kalau ya, apakah ia lebih
unggul daripada apa yang mereka saat ini sedang lakukan?
Dan inilah faktanya, kebanyakan pemasar Internet tak
lebih daripada pencari peluang digital. Mereka tak punya strategi,
mereka loncat dari satu pendekatan ke lainnya, dan meski mereka mungkin
punya suatu target penghasilan, mereka tak punya visi dari bisnis yang
mereka akan perlu ciptakan untuk mencapainya. Dan karena mereka tak
punya visi jelas, mereka tak bisa mengikuti semacam rencana terinci
untuk mencapainya.
Jadi, mereka akhirnya membeli apa pun yang datang
dengan sebuah janji besar uang gampang dengan harapan bahwa ini pastilah
itu—inilah peluang besar mereka untuk sukses besar. Mereka sangat
menyukai (dan menjadi korban dari) produk-produk "Business in a box" di mana janji-janjinya adalah imbalan besar dengan sedikit sampai tanpa usaha.
Saya telah yakinkan anda bahwa anda perlu menjadi entrepreneur dan membangun sebuah bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar