Jangan sia-siakan kesempatan SEMOGA SUKSES!

Sabtu, 10 Maret 2012

Ruh Bisnis Anda - Strategi Keunggulan

Tidak ada orang 100 kali lebih cerdas dari semua lainnya. Sedikit perusahaan saat ini benar-benar memiliki keunggulan teknis atas para pesaing mereka, juga tidak ada orang benar-benar memiliki kelebihan telak manufaktur, distribusi atau tenaga kerja. Jadi, mengapa para pencapai super tertentu meraih tingkat keberhasilan yang jauh lebih tinggi daripada orang-orang lain?
Mereka memiliki strategi filosofis yang lebih baik. Mereka mendekati semua orang yang mereka pergauli dengan cara yang sama sekali berbeda dan lebih efektif daripada yang dilakukan orang lain. Dan strategi mereka sering sulit bagi orang lain untuk bayangkan. Tapi anda akan segera mempelajarinya.
Dalam buku ini, kata "klien" akan digunakan sebagai ganti "pelanggan." Ini bukan hanya untuk menghindari frasa "pelanggan dan/atau klien," tapi juga karena ia membantu mendefinisikan arti Strategi Keunggulan. Definisi Kamus Webster atas dua kata yang nampak identik ini adalah:
Pelanggan: Orang yang membeli komoditas atau jasa.
Klien: Orang yang berada di bawah perlindungan lain.
Perbedaan maknanya sangat besar. Dan ada perbedaan besar dalam cara orang yang berbisnis dengan Anda bisa atau perlu diperlakukan. Jika dalam bidang Anda orang-orang ini disebut "pelanggan," tidak apa-apa. Tapi apa pun Anda menyebutnya, selalu anggap mereka sebagai "klien."
Apa tepatnya yang dimaksud dengan "di bawah perlindungan Anda"? Dalam hal ini ia berarti bahwa Anda tidak menjual ke orang-orang sebuah produk atau jasa hanya agar Anda bisa hasilkan keuntungan satu-kali sebesar mungkin. Anda harus pahami dan hargai apa persisnya yang para klien Anda butuhkan saat mereka berbisnis dengan Anda—sekalipun mereka tidak mampu mengutarakan hasil persis itu sendiri.
Begitu Anda tahu apa hasil akhir yang mereka butuhkan, Anda membawa mereka kepada hasil itu—Anda menjadi penasihat tepercaya yang melindungi mereka. Dan mereka punya alasan untuk tetap jadi klien Anda sepanjang hayat.
Misalnya, seorang pria yang pergi ke toko hardware untuk membeli bor listrik tidak benar-benar membutuhkan bor—ia membutuhkan lubang. Dia memiliki kebutuhan keuangan, emosional, logis atau intelektual terhadap lubang. Dia mungkin kira dia inginkan bor. Tapi adalah tanggung jawab Anda untuk menentukan kebenaran sejatinya dan kebutuhannya sesungguhnya. Tanggung jawab dan peluang Anda bukanlah hanya untuk menjual kepadanya sebuah bor. Anda harus pahami cara memuaskan kebutuhan keuangan, emosional, logis atau intelektualnya terhadap lubang dan memastikan bor yang dia beli dari Anda akan memecahkan masalahnya dan memberinya lubang-lubang persis yang dia butuhkan.
Atau mungkin dia kira dia inginkan lubang, tetapi saat Anda ketahui bahwa ia perlu memasukkan batang-batang dalam lubang-lubang ini, Anda sadar bahwa pengencang akan bekerja lebih baik daripada lubang. Jadi Anda menjual pada klien itu beberapa pengencang. Anda telah benar-benar memecahkan masalahnya.
Anda juga telah menjadi penasihat tepercaya dan teman. Dan Anda perlu menganggap para klien anda sebagai "teman-teman berharga." Konsep memandang klien sebagai teman berharga akan sering muncul dalam buku ini dan demi alasan yang baik—itulah hakikat dari Strategi Keunggulan dan urat nadi suatu hubungan tahan lama, bermanfaat dan menguntungkan bagi Anda dan para klien Anda. Dan Anda akan belajar bahwa nilai yang Anda berikan kepada klien Anda dan semua orang yang berurusan dengan anda bisa lebih dalam, lebih bermakna dan bermanfaat daripada yang Anda pernah sadari.
Royal Bank of Scotland mengeluarkan dua kartu penguang-cek keamanan-tinggi kepada para klien warianya—satu dengan foto mereka yang berpakaian sebagai seorang pria, dan satunya sebagai wanita. Seorang juru bicara bank mengatakan: "Jika ada klien waria pergi berbelanja berpakaian sebagai wanita, mungkin bagi mereka untuk memiliki kartu kedua sehingga mereka bisa menghindari rasa malu atau kesulitan ketika membayar dengan cek."
Seorang pria dijebloskan ke tahanan menyusul pertikaian mabuk selama pertandingan football Texas Oklahoma. Pagi besoknya sang hakim Oklahoma tetapkan uang jaminan sebesar $ 250, tetapi pria itu jauh dari rumahnya di Dallas dan tidak punya kenalan di kota. Pria itu mengeluarkan kartu kredit Neiman-Marcus-nya. Dia menghubungi seorang wakil presiden Neiman-Marcus, yang mengatur agar uang jaminan itu ditagihkan pada rekeningnya, dan pria itu dibebaskan.
Begitu Anda pahami cara memikirkan orang-orang yang bekerja dengan Anda, kami akan mulai meningkatkan penghasilan dan sukses Anda...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar